Categories

Bagaimana Cara Konfigurasi Dial Plan Server VoIP?

Bagaimana Cara Konfigurasi Dial Plan Server VoIP?

Mengkonfigurasi dial plan server VoIP dapat menjadi tugas yang membingungkan bagi pengguna baru. Meskipun para ahli sistem memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana membuat dial plan, banyak orang tidak memahami arti sebenarnya dari dial plan. Artikel ini akan memberi Anda panduan tentang cara menerapkan dial plan server VoIP dengan cara yang tepat.

Penjelasan dan Jawaban

Konfigurasi Dial Plan Server VoIP merupakan langkah penting dalam pengaturan dan administrasi sebuah jaringan VoIP. Dial Plan adalah aturan yang sistem VoIP gunakan untuk menentukan bagaimana cara beroperasi. Setiap aturan dial plan dibuat untuk memungkinkan sistemVoIP untuk membuat panggilan keluar, memproses panggilan masuk, menentukan daerah panggilan, dan mengatur bagaimana transkrip pengguna diterjemahkan ke nomor telepon untuk panggilan keluar. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengkonfigurasi Dial Plan Server VoIP:

  1. Mulailah dengan memahami lingkungan jaringan Anda. Kebanyakan perangkat dan teknologi VoIP modern memungkinkan Anda menggunakan banyak jenis jaringan untuk mengirim dan menerima sinyal telecom. Pastikan Anda memahami jaringan yang akan Anda gunakan.
  2. Tentukan jenis elemen dial plan yang akan Anda gunakan. Judul yang berbeda digunakan untuk komponen-komponen dari sebuah dial plan dan ini membantu mengatur informasi yang telah dikumpulkan. Karena struktur dial plan sudah ada, Anda harus menggunakannya sebagai titik awal saat membuat dial plan Anda.
  3. Tentukan domain dial plan yang diperlukan. Domain ini mungkin berdasarkan wilayah geografis, atau daerah tertentu yang akan menggunakan sistem VoIP. Domain dial plan mempengaruhi bagaimana informasi dial plan disimpan, dimana sistem VoIP mencari informasi dalam merespon panggilan keluar dan memproses panggilan masuk.
  4. Konfigurasilah router dan switch VoIP yang memungkinkan VoIP untuk bekerja dengan benar. Pemasangan router dan switch VoIP dapat menyulitkan jika Anda belum terbiasa dengan cara ini. Pastikan Anda mengaktifkan protokol VoIP di semuam mesin yang dibutuhkan.
  5. Tetapkan dial plan untuk menentukan sifat panggilan keluar dan bagaimana panggilan masuk akan diproses. Tujuan dial plan adalah untuk memungkinkan sistem VoIP untuk memahami bagaimana harus beroperasi ketika merespon panggilan telepon. Ini adalah proses yang sangat penting karena setiap konfigurasi yang salah akan melumpuhkan komunikasi jaringan.
  6. Tes dial plan Anda. Selalu tes dial plan anda sebelum digunakan sehingga Anda dapat memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan benar. Tes dial plan Anda dengan menelpon antara nomor yang berbeda dan memastikan bahwa panggilan diproses dengan benar.

Konfigurasi Dial Plan Server VoIP sendiri bisa dibilang cukup mudah. Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut diatas, Anda sudah dapat mengkonfigurasi dial plan server VoIP dan mengirimkan dan menerima panggilan telepon dari jaringan VoIP yang Anda buat.

Kesimpulan

Dial Plan server VoIP adalah sebuah sistem yang bekerja dengan memonitor dan memfasilitasi komunikasi antara orang-orang yang meminta layanan melalui voice networking. Ini adalah sistem yang terdir dari suatu komponen berupa jaringan komputer dan sistem telekomunikasi. Hal ini juga mengatur dialog antara anggota jaringan yang membutuhkan layanan dengan orang yang akan menyediakan akses untuk jaringan.

Konfigurasi Dial Plan Server VoIP dapat dilakukan dengan menggunakan banyak metode yang bergantung pada infrastruktur dan jenis layanan yang digunakan. Tergantung pada jenis jaringan, sebuah Dial Plan server VoIP dapat di-configure untuk memonitor dan merespons semua permintaan VoIP dari komputer yang terhubung ke jaringan.