Categories

Bagaimana Cara Kerja Remote Control?

Bagaimana Cara Kerja Remote Control?

Remote Control atau sering disingkat RC adalah alat-alat kontrol jarak jauh yang berfungsi untuk memerintah sebuah perangkat yang berada di lokasi lain. Contohnya remot televisi, remot kendaraan mainan, dan lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara kerja Remote Control.

Penjelasan dan Jawaban

Remote control adalah alat yang bisa digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik tanpa harus berdiri di dekatnya. Seiring perkembangan teknologi, remote control semakin banyak digunakan oleh orang, terutama ketika menonton televisi. Cara kerjanya cukup simpel, dan berikut adalah penjelasannya.

Bagaimana Cara Kerja Remote Control ?

Remote control biasanya menggunakan transmisi atau sinyal inframerah untuk menghubungkan perangkat yang akan dikontrol. Sinyal akan ditransmisikan melalui sinyal inframerah. Dengan ini, kontrol jarak jauh yang begitu efisien. Hal ini dikarenakan sinyal inframerah tidak bisa di ganggu oleh hal—hal lain, seperti halnya tanda lainnya yang pengganggu frekuensi. Berikut adalah cara kerja remote control :

  • Tombol pada remote control akan mengirimkan sinyal infra merah ketika dipencet. Sinyal ini akan terbentuk menjadi cahaya yang bisa dikenali oleh receiver yang ada di perangkat yang dikontrol.
  • Receiver pada perangkat akan melakukan tindakan tertentu sesuai dengan sinyal yang diterima. Tindakan ini bisa berupa menyalakan atau mematikan suatu perangkat, ataupun mengubah suatu setelan yang ada.
  • Cahaya ini pun tidak bisa diaktifkan jika Anda berada terlalu jauh dari perangkat yang akan dikontrol. Hal ini karena jangkauan cahaya infra merah yang ada di remote control hanya bisa terjangkau pada jarak tertentu.

Itulah cara kerja remote control, dan jika Anda ingin membeli remote control, cobalah untuk melihat aperture, jarak jangkauan, dan juga kompatibilitas dengan perangkat yang akan Anda kontrol.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa cara kerja Remote Control (RC) adalah dengan alat peluncur antena yang dikendalikan dengan sinyal elektromagnetik. transmitter mengirimkan sinyal radio, dan itu diterima oleh penerima yang mengidentifikasi sinyal radio dan membandingkannya dengan yang telah dipprogramkan pada receiver RC. Sinyal radio diterima oleh servo yang menggerakkan bagian tertentu pada RC.

Remote Control (RC) merupakan alat yang berguna dalam mengontrol berbagai perangkat tanpa harus berada dalam jarak dekat dengan perangkat tersebut. Pengguna perlu mengetahui bagaimana cara kerja remote control untuk memahami dan menggunakannya dengan benar.