Categories

Apa yang Dimaksud dengan Softswitch?

Apa yang Dimaksud dengan Softswitch?

Softswitch adalah perangkat lunak berbasis teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) yang berfungsi sebagai jembatan antara berbagai jenis jalur interkoneksi, seperti bentuk sinyal dan jalur analog maupun jalur digital untuk berbagi layanan suara dan data dalam jaringan.

Penjelasan dan Jawaban

Softswitch (biasa disingkat SS) adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi meneruskan panggilan antara komunikasi jaringan telepon. Softswitch dapat menghubungkan antara protokol VoIP berbasis IP dan jaringan lain seperti jaringan PSTN. Ini berada di jantung seluruh jaringan telepon dan mandiri dalam kapasitasnya untuk berbagi rute yang berbeda.

Softswitch membantu untuk mendukung teknologi VoIP dan memungkinkan operator untuk menyediakan layanan voip ke pelanggan. Softswitch memungkinkan berbagai protokol komunikasi yang berbeda untuk terhubung ke satu sistem, yang memudahkan pengguna untuk terhubung ke pengguna lain. Hal ini memungkinkan panggilan tertutup antar jaringan, memungkinkan panggilan melewati jaringan, memungkinkan koneksi suara, video, dan data, dan memungkinkan layanan multimedia dan kanal data.

Manfaat Softswitch, antara lain:

  • Routing kontrol – Softswitch memungkinkan operator untuk mengontrol dan mengalokasikan jalur untuk panggilan.
  • Bandwidth Management – Softswitch menyediakan bandwidth yang lebih fleksibel untuk operasi jaringan dan berbagai metode kompresi data.
  • Protocol Converter – Softswitch memungkinkan konversi antara berbagai protokol yang berbeda sehingga memungkinkan komunikasi antar sistem komunikasi yang berbeda.
  • Quality of Service – Softswitch memungkinkan operator untuk memberikan jaminan layanan dengan kualitas yang tinggi.
  • Security – Softswitch menyediakan keamanan yang baik dengan menggunakan enkripsi data.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa softswitch merupakan sebuah teknologi yang menjadi pusat semua jaringan telepon, yang memungkinkan berbagai protokol untuk terhubung dan memungkinkan berbagai layanan multimedia dan kanal data dengan keamanan yang baik.

Kesimpulan

Softswitch adalah sistem berbasis teknologi jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan telepon atau jaringan telepon yang berbeda. Softswitch dirancang untuk mencegah gangguan dan mencatat trafik tinggi antar jaringan dengan menggunakan protokol VoIP yang sesuai. Dengan menggunakan Softswitch, pengalihan panggilan atau dikenal dengan nama ‘switching’ dapat berlangsung dengan lebih aman, cepat, dan efisien.

Softswitch dapat berfungsi sebagai jalur tiket transfer atau sebagai router. Dengan penggunaan Softswitch, Anda dapat membangun jaringan ponsel Anda sendiri dengan lebih efektif dan menikmati manfaat dari biaya lebih rendah, panggilan lebih sesuai bahkan jaringan antarkeluarga. Oleh karena itu, Softswitch memberikan berbagai manfaat dan keuntungan bagi bisnis yang berhubungan dengan VoIP.