Categories

Berapakah nilai dari 3 x (4 – 2) + 5?

Berapakah nilai dari 3 x (4 - 2) + 5?

Dalam menghitung ekspresi matematika 3 x (4 – 2) + 5, kita perlu mengikuti aturan urutan operasi matematika. Pertama, kita harus menyelesaikan operasi dalam tanda kurung, yaitu 4 – 2, yang hasilnya adalah 2. Selanjutnya, kita dapat mengalikan 3 dengan 2 yang akan menghasilkan 6. Terakhir, kita tambahkan angka 5. Jadi, nilai dari ekspresi tersebut adalah 11.

Penjelasan dan Jawaban

Untuk menghitung nilai dari persamaan 3 x (4 – 2) + 5, kita perlu mengikuti aturan dalam pemdas (prioritas perhitungan). Pada langkah pertama, kita harus melakukan operasi dalam tanda kurung terlebih dahulu, yaitu (4 – 2).

Menghitung (4 – 2) akan menghasilkan nilai 2. Setelah itu, kita harus mengalikan 3 dengan nilai dari operasi dalam tanda kurung tadi, yaitu 3 x 2, yang kemudian menghasilkan nilai 6. Langkah selanjutnya adalah menambahkan 5 pada hasil perkalian tadi, sehingga didapatkan hasil akhirnya.

Jadi, nilai dari 3 x (4 – 2) + 5 adalah 11.

Kesimpulan

Dalam matematika, pemdas (prioritas perhitungan) digunakan untuk menentukan urutan dalam melakukan operasi matematika. Pemdas merupakan singkatan dari “P” yang berarti dalam tanda kurung, “E” yang berarti eksponen atau pangkat, “M” yang berarti perkalian dan pembagian, “D” yang berarti penjumlahan dan pengurangan, dan “S” yang berarti deretan dari operasi perkalian dan pembagian yang dilakukan dari kiri ke kanan.

Dalam soal ini, persamaan 3 x (4 – 2) + 5 dapat diselesaikan dengan mengikuti aturan pemdas. Setelah mengalikan 3 dengan hasil operasi dalam tanda kurung, lalu menambahkan hasilnya dengan bilangan lain yang ada, kita mendapatkan jawaban akhirnya, yaitu 11.