Categories

Bagaimana cara melakukan slave harddisk SATA?

Bagaimana cara melakukan slave harddisk SATA?

Harddisk slave SATA adalah cara yang efektif untuk meningkatkan penyimpanan data melalui dua buah hardisk yang dipasangkan bersama pada satu sistem komputer. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara melakukan slave harddisk SATA, artikel ini secara umum memberikan panduan langkah demi langkah yang bisa Anda gunakan sebagai rujukan.

Penjelasan dan Jawaban

Pemasangan slave harddisk SATA adalah suatu jenis pemasangan harddisk di mana harddisk tersebut akan berfungsi sebagai harddisk pembantu dari harddisk primernya. Sebuah harddisk dapat dikonfigurasi sebagai harddisk primer atau slave dengan berbagai cara.

Cara instalasi harddisk slave SATA meliputi langkah-langkah berikut:

  1. Sambungkan kabel SATA ke harddisk slave dan pasangkan ke casing. Pastikan untuk mengunci konektor ke dalam port harddisk.
  2. Kunci kabel SATA ke port motherboard. Pilih port tertentu (misalnya port tertentu) untuk menggunakan harddisk slave ini.
  3. Pasangkan power supply ke harddisk. Pastikan juga untuk mengaturnya ke jenis power supply yang sama dengan yang dipakai harddisk primernya.
  4. Masukkan drivers sistem operasi ke dalam harddisk slave.
  5. Reboot komputer dan sistem operasi akan secara otomatis mengenali adanya harddisk baru terpasang dan langsung menjalankannya.

Kesimpulan

Dari artikel yang berjudul Bagaimana Cara Melakukan Slave Harddisk SATA?, dapat disimpulkan bahwa untuk melakukan slave Harddisk SATA cukup mudah jika mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: mentermin­alkan Harddisk SATA pada motherboard, pasang caddy untuk ribbon, serta buatlah master-slave dual boot. Langkah-langkah ini sangat membantu bagi anda yang ingin mengakses data yang tersimpan pada Harddisk SATA tanpa melakukan penghapusan data pada harddisk yang sudah ada.

Selain itu, pastikan juga untuk selalu melakukan peminda­han data ke harddisk (melakukan slave) dalam keadaan mati agar proses me­lakukan slave bisa berjalan dengan lancar. Jadi, dengan mengikuti beberapa langkah di atas, anda dapat men­gkonfigurasi slave harddisk SATA yang anda miliki.