Categories

Apa cara Anda merumuskan tujuan pembelajaran?

Apa cara Anda merumuskan tujuan pembelajaran?

Dalam mewujudkan suatu sistem pembelajaran yang bermutu, penting bagi para pendidik untuk merumuskan tujuan apa yang ingin dicapai oleh tujuan pembelajaran yang mereka susun. Dengan tujuan tersebut, para pendidik bisa mengatur materi, kegiatan, proses pembelajaran dan hasil yang ingin dicapai. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara merumuskan tujuan pembelajaran.

Penjelasan dan Jawaban

Merumuskan tujuan pembelajaran adalah langkah penting dalam proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran bisa diartikan sebagai sasaran atau yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran. Tujuan yang menjadi sasaran ini harus dirumuskan dengan jelas sehingga siswa bisa mengetahui dengan tepat apa yang harus mereka capai. Berikut adalah cara untuk merumuskan tujuan pembelajaran:

1. Tentukan standar kompetensi yang relevan untuk tujuan pembelajaran. Standar kompetensi ini bisa berasal dari KURIKULUM, dan tujuan dari standar ini akan menjadi kerangka untuk merumuskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

2. Tentukan kualitas hasil yang diharapkan. Tujuan pembelajaran tidak boleh terlalu umum, karena itu perlu ditentukan kualitas dan hasil yang diinginkan. Misalnya, dalam membuat cerita, maka kualitas hasil yang diharapkan adalah kemampuan siswa untuk menciptakan cerita dengan alur alami.

3. Buat kriteria hasil. Kriteria hasil berfungsi untuk menilai sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Ini bisa berupa kalimat atau pertanyaan terkait tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

4. Uraikan spesifikasi dan kriteria hasil. Spesifikasi dan kriteria hasil berbeda antara satu tujuan dengan tujuan lain. Misalnya, tujuan untuk membaca harus memiliki spesifikasi dan kriteria hasil yang berbeda dengan tujuan untuk menulis cerita.

Setelah mengetahui cara merumuskan tujuan pembelajaran, maka selanjutnya kita dapat melaksanakan pembelajaran dengan efektif. Dengan demikian, tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik oleh siswa.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, melakukan perencanaan dan merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas merupakan langkah penting untuk memastikan hasil belajar yang maksimal. Memahami tujuan pembelajaran akan memungkinkan para siswa untuk tidak hanya menarik dari materi pelajaran, tapi juga untuk membantu mengatur rutinitas belajar mereka. Menggunakan beberapa metode dan teknik tertentu yang tepat, Guru dapat dengan mudah menentukan dan merumuskan tujuan pembelajaran untuk memastikan bahwa siswa mencapai hasil belajar yang optimal.